1 Agu 2012

Mowly'ku sayang_

Mowly namanya,, seekor kelinci anggora betina yang saya pelihara pada akhir taun lalu,. Saya beli dari seorang teman lama,. Awalnya hewan mungil ini berukuran kecil seperti tikus,, kurus,, berbulu tipis pendek,, dan berwarna cokelat pekat,. Hanya perlu waktu sehari untuk Mowly beradaptasi pada lingkungan barunya,. Sengaja saya lepaskan agar berkeliaran bebas di rumah supaya dia terbiasa berteman dengan kucing peliharaan saya,.

Mowly yang rakus,, hobinya hanya makan dan tidur,. Pemalas bergerak,, dan tak pernah bersuara,. Mowly suka makan nasi,, ikan,, sayuran,, dan buah²an,. Mowly yang tak memerlukan kandang khusus,, mowly yang tidak jorok,. Mowly tau dimana tempatnya pipis dan pupp,, mowly juga tau dimana tempatnya bermain dan bersantai,, dan mowly sangat tau dimana tempatnya tidur jika malam hari,.

Dua bulan sudah Mowly saya pelihara,, tumbuh sehat,, besar dan gemuk,. Warnanya berubah menjadi kelabu asap,. Berbulu panjang,, lebat,, dan lembut,. Telinganya yang panjang,, dan wajahnya yang mungil,. Tentunya sangat menggemaskan dan nyaman dipeluk,. Berlari dan bermain kesana kemari bermain di rumah,.

Memasuki bulan ketiga,, pada suatu pagi pas bangun tidur saya melihat Mowly tidak seperti biasanya,. Mowly hanya diam bersembunyi,, saat digendong barulah diketahui ternyata bulu bagian bawahnya basah,. Setelah diperiksa oleh mantri hewan,Mowly dinyatakan diare,. Seharian Mowly hanya diam dan tidak mau makan,, bokongnya terus menerus basah karena mencret,. Mowly yang pucat dan lemah,, hingga malamnya terpaksa Mowly disuntik yang diharapkan agar bisa segera sembuh,. 2 kali suntikan dalam sewaktu telah menembus punggung Mowly,. Dan setelah itu Mowly langsung beristirahat tidur malam,.

Keesokan paginya Mowly tampak sembuh dan mulai bermain lagi,, tetapi tetap belum mau makan,. Hingga pada menjelang siang,, kejadian tak terduga terjadi,. Entah mengapa Mowly mendadak kejang,, serta untuk pertama dan terakhir kalinya saya mendengar suara Mowly,. Disaat kejang,, Mowly setengah berteriak dan mendadak diam seketika,. Ternyata Mowly sudah tidak hidup lagi,, dan telah dikubur sendirian,. 3 bulan yang menyenangkan bersama Mowly'ku sayang,. :'(

Mengingat kejadian ini,, saya memutuskan untuk mencari tau tips merawat kelinci bagi pemula,. Sekedar share,, mungkin bisa berguna untuk pembaca sekalian,. :)
• Berikan makanan sehat dan seimbang antara sayur,, buah,, dan pelet kelinci,. Sebaiknya berikan sayuran yang setengah layu,, agar kandungan gas dalam sayuran berkurang guna mencegah perut si kelinci kembung yang bisa menyebabkan diare,.
• Berikan minum sesuai kebutuhan
kelinci
• Pemberian makan dari pakan ayam bisa diberikan,, mesti diaduk air panas,, boleh dicampur serutan wortel serta potongan sayur hijau,, dengan komposisi
seimbang,.
• Perhatikan jenis makanan dan lingkungan hidup si kelinci harus bersih dan cukup cahaya untuk mencegah bakteri berkembang biak,.
• Lakukan komunikasi dan beri kasih sayang serta perhatian guna menciptakan rasa nyaman,.
• Jika ditemui gejala seperti mencret,, nafsu makan menurun,, diam,, bengong,, menyendiri maka dipastikan kelinci anda terserang diare,, sebaiknya segera konsultasikan pada ahlinya,.

Nah saya rasa sekian dulu cerita dan tips dari saya,, semoga bermanfaat,. :)




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.