10 Agu 2012

Pulau Penyengat_

Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang Pulau Penyengat,, sebuah pulau kecil berukuran 2.500 m x 750 m yang terdapat di Kep. Riau,. Berjarak sekitar 6 km jalan laut dari kota Tanjung Pinang,, yang merupakan ibu kota Provinsi Kep. Riau,. Untuk menempuh Pulau Penyengat dibutuhkan waktu sekitar 15 menit,, dengan menggunakan bot pompong dari pelabuhan kecil di Tanjung Pinang,. Untuk mengelilingi Pulau ini bisa menggunakan bentor (becak motor),, angkutan khas daerah setempat,.

Selain mengandung nilai sejarah,, Pulau Penyengat juga merupakan objek wisata di Kep. Riau,. Objek wisata yang bisa dikunjungi misalnya Mesjid Raya Sultan Riau,, yang konon katanya untuk merekatkan antara dinding,, kubah,, dan menara menggunakan perekat putih telur dan kapur,. Sedangkan untuk mewarnainya digunakan kuning telur,. Di dalam mesjid bergaya arsitektur India ini tersimpan pula kitab-kitab kuno mengenai islam,, benda lain yang menarik dalam mesjid ini adalah mimbarnya yang indah,, serta kitab suci AI-Qur’an tulisan tangan,.

Di sekitar mesjid terdapat komplek pemakaman para raja,. Seperti makam Engku Putri Raja Hamidah,, yang merupakan permaisuri Sultan Mahmud,. Pulau Penyengat adalah milik Engku Putri,, karena pulau ini dihadiahkan oleh suaminya sebagai mas kawin,.

Ada juga makam pahlawan nasional sekaligus ulama,,sejarawan,, dan pujangga Melayu,, Raja Ali Haji,. Mahakaryanya yang terkenal adalah Gurindam Dua Belas,. Lahir di Selangor,, keturunan Melayu - Bugis,, dan wafat serta dimakamkan di Pulau Penyengat,.

Selain itu ada juga Benteng,, Kubu,, dan Parit Pertahanan bersejarah yang terdapat di Bukit Kursi,. Dibangun pada abad XVIII oleh Raja Ali Haji untuk ditempatkan meriam,, sebagai basis pertahanan Pulau Bintan,.

Objek wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi adalah bekas gedung Tabib Kerajaan,, makam Raja Jaafar,, makam Raja Abdurrakhman,, bekas istana Sultan Abdurrakhman Muazzam Syah,, bekas gedung Tengku Bilik,, gudang mesiu,, dan balai adat Indra Perkasa,.

Mitosnya sumur berair jernih yang terdapat dibawah kolong Balai Adat Melayu ini jika diminum bisa menyembuhkan segala penyakit dan memudahkan jodoh,. Tetapi ada satu mitos yang populer di pulau ini,, yaitu jika sepasang kekasih mengunjungi pulau ini,, maka tak lama usai mengunjungi pulau ini jika pasangan tersebut cocok maka akan segera menikah,. Tapi sebaliknya,, jika tidak cocok banyak pula pasangan yang putus setelah mengunjungi pulau ini,. Dan uniknya jika dilihat dari atas,, Pulau Penyengat berbentuk seperti buaya,, sehingga ada yang menyebutnya Pulau Buaya,.

Saat ini Pulau Penyengat beserta komplek pemakaman disekitarnya sedang diajukan pada UNESCO untuk didaftarkan sebagai salah satu situs warisan dunia,. Semoga kedepannya Pulau Penyengat bisa dikelola dengan baik,, dan terjaga kebersihannya,. :)







2 komentar:

cihuynutkid mengatakan...

cocok neh buat tempat bulan madu ;b

nanda mengatakan...

ayo' ah cap cus,. :D

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.